Minggu, 21 Oktober 2012

Filsafat pendidikan islam

 Filsafat Pendidikan Islam

Nama                    :
NIM                       :

1.       Komentar

Mempertautkan ide-ide langit dan bumi

Dalam menjalani kehidupan kita harus ikhlas dengan hati yang luas. Ilmu dan iman harus seiring dan sejalan. Di samping itu manusia harus banyak berdoa dan membaca Al-Quran. Untuk mengatasi problematika hidup memang kita dihadapi oleh berbagai macam masalah maka perbanyaklah berdoa. Berdoa merupakan sebuah implementasiatas keyakinan seorang manusia pada Allah sebagai satu-satunya dan sumber dan tujuan kehidupan. Di mana saat berdoa, seseorang sesungguhnya tengah menundukan hati merendahkan diri dihadapan Allah S.W.T. membentuk sebuah pengakuan bahwa sandarannya dalam kehidupan ini hanyalah Allah S.W.T yang mengatur segala urusannya bahkan hidup dan mati mahkluknya. Karena setiap muslim harus bersandar pada Allah maka berdoapun harus setiap saat untuk menjadikan hidup kita menjadi lebih baik.

Marilah kita memperbanyak beramal shaleh serta mempunyai hati yang bersih dan suci.  Melihatlah ke atas untuk kepentingan akhirat dan melihat ke bawah untuk melihat kepentingan dunia.

2.       Analisis

Penyelenggaraan Pendidikan Bolmut ditinjau dari Filsafat Pendidikan Islam

                Pendidikan pada hakikatnya merupakan suatu upaya mewarisi niali yang menjadi penolong dan penentu untuk umat manusia dan untuk memperbaiki nasib peradaban umat manusia.

                Pendidikan di Bolmut sudah berkembang baik karena lembaga-lembaga pendidikan tidak hanya berfokus pada pendidikan umum tetapi juga sangat memperhatikan pendidikan agama islam. Dan orang tua juga sangat mendukung.  Dan di desa-desa banyak didirikan lembaga pendidikan untuk memperkuat pendidikan agama islam. Karena pendidikan agama islam merupakan usaha secara sadar dalam memberikan bimbingan kepada anak untuk berperilaku sesuai dengan ajaran islam.

Nama                    :
NIM                       :

1.       Komentar

Masa depan poligami

                Setiap menjalankan sunnah rasul selalu mendatangkan Rahmatan lilalamin. Menurut saya di dalam berpoligami langkah pertama yang kita lihat adalah dari niat seseorang. Apabila seseorang berpoligami dengan niat untuk menyelamatkan seseorang dengan suatu alasan yang benar kemudian ada keikhlasan dari istri. Di dalam menjalankan poligami tidak ada yang merasa disakiti karena berlaku adil. Saya rasa poligami seperti ini dibenarkan.

Catatan : mengikhlaskan suami menikah maka istrinya akan dijamin masuk surge tapi masih banyak jalan menuju surga.

2.       Analisis

Pendidikan di bolmut sudah dibilang sudah maju dari segi pengajar sudah sebagian besar Strata satu (S1). Dan sekolah yang diakreditas sudah sebagian besar.


Nama                    :
NIM                       :

1.       Komentar

Masa depan poligami

Saya setuju dengan pendapat Bapak bahwa dimasa depan poligami akan menjadi sesuatu yang wajar. Disini juga ada yang penting yakni sering timbulnya kecemburuan sesama istri. Sehingga saya menambahkan satu aspek lagi yakni dengan adanya poligami rawan timbulnya permusuhan dalam kehidupan manusia.  Masing-masing istri mempunyai keluarga besar. Tidak terkecuali ketika di antara istri-istri ini bermusuhan (berkelahi) otomatis keluarga juga ikut campur. Jadi saya tidak setuju dengan adanya POLIGAMI.


2.       Analisis.


Menurut saya Sistem Pendidikan di Bolmut sudah sistematis. Ini dapat dlihat dengan adanya pembangunan  Unit-unit sekolah yang sudah diupayakan pemerintah. Contohnya :
1.       Untuk jenjang pendidikan Usia dini dilaksanakan dimulia dari wilayah desa sampai wilayah kota
2.       Untuk jenjang Pendidikan TK sudah ada hampir semua desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.
3.       Untuk jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah Pertama, sudah dapat dijangkau seluruh wilayah terpencil karena telah dilaksanaka dengan upaya dibangunnya Sekolah SMP seatap dengan Sekolah Dasar
4.       Untuk Jenjang Pendidikan Menengah Keatas dan kejuruan telah dibangun SMK dan SMA disetiap kecamatan
5.       Untuk tenaga pengajar ditingkatkan atau jenjang sekolah masih sangat dirasakan masih belum merata oleh karena berbagai kepentingan.










Nama                    :
NIM                       :

1.       Komentar

Gempa dan tsunami

Subhanallah…… Allah maha besar. Begitu hinanya kita sebagai hamba yang sombong dihadapan ilahi. Hakikatnya manusia adalah makhluk Allah yang tidak pernah puas dengan apa yang ia miliki. Apa ini sebagai bentuk teguran ? mungkin tuhan mulai bosan melihat tingkah kita. Intinya dibalik cobaan itu pasti ada hikmah yang tersembunyi. Dan buat kita sebagai umatnya Nabi Muhammad banyak-banyaklah berintrospeksi diri. Dan lebih mendekatkan diri kepada Allah

2.       Analsis

Penyelenggaraan Pendidikan khususnya dibolmut memang sudah terselenggara dengan baik. Akan tetapi, itu hanya sebagian saja. Dilihat dari kacamata Filsafat Pendidikan Islam penyelengaraan Pendidikan tersebut tidak sesuai dengan tingkat keprofesionalan dari masing-masing. Ini artinya bertolak belakang dengan apa yang mereka kerjakan sebelumnya. Mungkin ini disebabkan oleh polotik yang ada, yang mengatur serta aturan tanpa adanya realisasi yang pasti.


Nama                    :
NIM                       :

1.       Komentar

Mempertautkan ide-ide langit dan bumi

Dalam menjalani kehidupan beragama, senantiasa kita harus patuh dan tunduk pada ajaran Alqur’an. Karena Alqur’an dapat memberikan pemahaan kepada manusia. Dan mampu mengatasi berbagai macam problem. Bahkan alquran dapat memudahkan antara yang hak dan batil.
Melalui paradigm ini aluran merupakan suatu perdamaian keselamatan dan keadiln. Untuk itu mnusia dituntun untuk selalu berdoa dan beriktiar untuk keselamatan dunia dan akhirat. Manusia harus bekerja keras sesuai dengan keikhlasan dalam menjalankan hal- hal tentang keesaan Alla SWT manusia disuruh berfikir lebih jauh lagi dan selalu bersyukur atas nikat yang diberikan. Marilah kita menjalani hidup ini dengan iman dan sabar merupakan tolak ukur dalam Alqur’an. Pengembangan potensi manusia baik dalam kehidupan bermasyrakat maupun dalam beragama.  

2.       Analisis

Penyelenggaraan Pendidikan Bolmut ditinjau dari Filsafat Pendidikan Islam

                Setelah saya menganalisa tentang penyelenggaraan pendidikan dibolmut ditinjau dari filsafat pendis sebagai berikut.
1.       Pakar dan fraktisi pendidikan memandang filsafat yang membahas konsep mempraktek pendidikan secara konfrehensif. Sebagai bagian yang sangat penting, dalam menentukan keberhasilan pendidikan. Terlebih lagi ditengah arus globalisasi dan modernisasi yang melaju sangat pesat. Pendidikan dapat mengubah manusia sehingga mengembangkan hakikat kemanusiaan. Sehingga pendidikan di bolmut melukiskan bahan penyetaraan pendidikan yang bermanfaat untuk melakukan ilmu pengetahuan di sekolah
2.       Pendidikan dibolmut tidak terbatas dalam satu jenis lingkungan hidup tertentu dalam bentuk sekolah. Tetapi berlangsung dalam segala bentuk lingkungan hidup manusia. Pendidikan dibolmut juga dapat terjadi dengan sendiinya dalam hidup sampai dengan bentuk – bentuk yang direkayasa secara terprogram. Baik secara individu maupun secara kelompok. Sehingga pendidikan tidak terbatas dalam waktu tempat dan bentuk. Namun terjadi kapanpun selama hidup dimanapun dalam lingkungan hiup serta siapapun dari umat manusia.



 

1.       Komentar

Masa depan poligami

Menurut saya, saya sebagai perempuan sangat tidak setuju dengan poligami, walaupun di Al-Qur’an dibolehkan. Karena poligami sangat sulit diterima oleh perasaan wanita. Olehnya itu bagi saya NO POLIGAMI.

2.       Analisis

Penyelenggaraan Pendidikan Bolmut ditinjau dari Filsafat Pendidikan Islam

                Pendidikan islam di Bolmut sudah sangat baik. Karena setiap calon siswa yang akan masuk di SMP atau di SMA akan diseleksi dengan baik terutama pendidikan agama. Apalagi yang akan masuk Mts atau Aliyah. Serta pendidikan agama diluar sekolah sangat diperhatikan olej lembaga Pendidikan terutama para orang tua sangat memperhatikan pendidikan agama tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar